My Blog List

May 25, 2014

duka dibalik tawa

senyum dan tawa membuat segala sesuatu menjadi lebih indah, membuat hidup lebih berwarna. demikian lah kata orang. tapi bagaimana jika di balik itu tersimpan duka mendalam? masih berlaku kah kata2 itu?

mungkin tanpa kita sadari bahwa bnyk orang2 di sekitar kita atau mungkin mereka yg duduk di sebelah kita menyimpan duka mendlam di balik tawa mereka. dengan cara tertawa mereka menutupi semua, seolah olah hidup mereka baik2 aj tanpa beban masalah. pdhal pada kenyataannya tidaklah demikian.

sadarkah kita ttg keadaan ini? peka kah kita dengan kondisi seperti ini? bagaimana tanggapan kita melihat hal ini? seringkali kita hanya cuek dan membela diri dengan mengatakan bahwa kita tidak tahu apa yang terjadi dengan mereka, kita tidak tahu apa yang mereka rasakan. sekarang ini, kepedulian terhadap orang lain semakin berkurang, semakin tinggi ego kita masing-masing yang hanya mau mementingkan diri sendiri.

aku menulis ini bukan karena aku kasihan terhadap mereka yang menyimpan duka di balik tawa, aku menulis ini bukan juga untuk dikasihani, tapi inilah pengalaman ku, fakta yang ada dan hasil pengamatan ku terhadap orang-orang yang aku temui. banyak dari mereka yang menyimpan duka di balik tawa mereka, hal-hal menyakitkan tersimpan di balik senyuman mereka. 

namun mereka tak ada tempat untuk berbagi, mereka tak mau berbicara dengan semua orang, hanya orang-orang tertentu yang mereka percaya, walaupun mereka belum lama mengenal orang itu. ya, aku bersyukur menjadi salah satu orang yang bisa mendengarkan mereka. orang yang bisa mereka percayai untuk berbagi.

ketika kulihat mereka tertawa, justru hatiku merasa sedih, karena aku tahu mereka sedang menyimpan kepedihan yang mendalam. aku tahu dan aku mengerti, karena aku sendiri sering melakukannya. tak bisa dipungkiri lagi terkadang kita tak tahu, kita tak bisa merasakan itu. hanya hati yang masih memiliki kasih yang bisa merasakan apa yang dirasakan orang-orang sekitar. mari saudaraku, kita belajar untuk peka terhadap orang-orang di sekitar kita. mari kita belajar untuk mempedulikan mereka.

sebuah puisi untuk mereka yang menyimpan duka di balik tawa.

duka di balik tawa
by : Fransciska Dharmayanti STK

ada duka di balik senyum
ada sedih di balik tawa
namun tak kau tampakkan itu

kau selalu tersenyum
kau selalu tertawa

butiran air mata tak pernah terlihat
namun ku tahu hatimu menangis

sedih, perih, terluka
itu yang kau rasa

tapi kau tak mengeluh
dan tetap tersenyum
senyum penuh semangat juang

itu yang kulihat ada padamu

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More