My Blog List

Sep 27, 2013

Ketidakadilan dalam Kehidupan

kata orang... hidup itu tidak adil. ya, memang aku sendiri mengakui bahwa hidup itu tidak adil, bukan lagi kata orang, tetapi kataku. karena aku sering mengalami ketidak adilan dalam perjalanan kehidupan ku sampai saat ini.

jika aku menoleh ke belakang, banyak bgt ketidak adilan yang aku rasakan dan lihat lagi. tapi aku percaya aku masih ada dan bertahan sampai saat ini, itu semua hanya karena ANUGERAH. tanpa itu, mungkin aku sudah tiada di dunia ini, mungkin aku telah lama melakukan tindakan nekat bunuh diri karena tidak sanggup menahan ketidak adilan yang terjadi padaku. mungkin aku tak akan dapat menulis seperti ini jika aku telah tiada. hehehe..

hidup memang tidak adil jika kita lihat secara manusia. orang yang berada di atas bisa naik lebih tinggi, orang yang berada di bawah bisa turun lebih bawah lagi. jika kita lihat, kita akan merasa tidak adil. terkadang kita bisa protes sama Tuhan.

tapi, jika dilihat dengan kaca mata Tuhan, yang Dia lakukan pasti adil. misalnya masalah kesehatan, terkadang kita iri karena melihat orang lain memiliki kesehatan yang lebih baik daripada kita, bisa melakukan ini dan itu, bisa mengerjakan apa yang mereka mau sesuka hati, tetapi kita tak bisa seperti itu. kita iri melihat mereka, tapi pasti dibalik kelemahan kita dan kekurangan kita, Tuhan punya sesuatu yang indah untuk kita. coba kalo kita mau melihat ke bawah, banyak orang-orang yang memiliki kesehatan yang kurang baik, bahkan cacat, tapi mereka mampu melakukan sesuatu yang belum tentu bisa dilakukan orang lain.

ehm.. misalnya juga masalah ekonomi. jika kita protes dan iri melihat mereka yang kaya, berusahalah bersyukur dengan keadaan kita. karena belum tentu mereka yang kaya bisa tidur lelap walaupun dengan kasur yang empuk. belum tentu mereka memiliki hubungan yang akrab dengan keluarga mereka, belum tentu mereka memiliki kesehatan yang bagus. so, jangan iri lah.

berusahalah bersyukur walau pasti sulit, karena saya pun sering mengalami hal ini. bahkan saya sering merasa ingin marah, karena ketidak adilan seperti ini. saya sering protes pada orang mengapa hanya mementingkan keinginan pribadi, pdahal itu bukan yang dibutuhkan. tapi justru saya yang merasa sakit hati.. saya merasa marah, iri, dan semua perasaan campur aduk dalam hati saya. tapi ketika saya belajar bersyukur dan menerima keadaan saya, semua baik-baik saja, saya masih dapat tersenyum.

di balik setiap hal yang kita alami, selalu ada Tuhan yang menyediakan yang terbaik untuk kita. Dia yang akan memberi keadilan untuk kita, kalo kita tidak pernah berada di dalam kegelapan, kita tidak akan pernah tahu arti terang dan betapa pentingnya terang. jika kita tidak punya masalah dalam hidup, kita tak kan pernah sadar bahwa ada Tuhan yang berkuasa yang sanggup menyelesaikan segala persoalan hidup kita. so, jika saat ini kita berada di dalam gelap, bersyukurlah sebab ada terang di balik itu. jika kita sudah merasakan terang, bersyukurlah juga karena kita pernah berada di dalam gelap dan sekarang boleh meyadari arti terang dan pentingnya terang itu. dalam segala keadaan kita, bersyukurlah!

2 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More