My Blog List

Oct 16, 2013

Maaf

Satu kata yang sangat sederhana, yang hanya terdiri dari 4 huruf namun memiliki makna yang mendalam, memiliki kekuatan yang dahsyat dalam kehidupan seseorang.
walau "maaf" hanya sekedar kata sederhana, tak banyak orang yang mau mengucapkan dan memakai kata ini. atau ada orang yang sangat mudah mengucapkannya berkali-kali tapi tak memiliki arti (sia-sia).

kata "maaf" bisa memulihkan hati yang hancur dan terluka. namun kadang orang tidak pernah menyadarinya. mereka hanya bisa membuat luka tapi tak tahu cara untuk menyembuhkannya. terkadang, seseorang yang sedang terluka hatinya tidak ingin dihibur, diceramahi, dinasehati, atau tindakan lainnya. yang dia butuhkan hanya kata "maaf" dari seseorang yang telah membuatnya terluka.

ego lebih besar dalam diri seseorang, sehingga kadang kala orang tidak mau mengakui kesalahannya dan tidak mau meminta maaf atas tindakan yang telah ia lakukan dengan alasan tidak tahu salahnya di mana tapi tiba-tiba ada akibat (dicuekin, dijauhi, dimarahi, dsb).

jangan pernah ragu untuk meminta maaf atas tindakan yang kita lakukan, tanpa sadar kita sering melukai hati orang lain dengan perkataan kita, tingkah laku kita, sikap kita, dsb. mungkin banyak orang di sekitar kita yang terluka, namun di depan kita mereka terlihat baik-baik saja tetapi belum tentu di belakang kita, bisa jadi mereka menangis karena kita, bahkan mengadukan kita pada Tuhan.
jangan pernah malu untuk menggunakan kata "maaf" kalahkan ego kita dan jangan pernah ragu menggunakannya pada waktu yang tepat.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More